HTML

Sunday, June 23, 2024

Gangguan pada sistem peredaran darah manusia

Gangguan pada sistem peredaran darah manusia

Pembersih salur darah
Pembersih salur darah



Gangguan pada Sistem Peredaran Darah Manusia adalah kelainan atau penyakit yang terjadi pada sistem peredaran atau sirkulasi darah manusia baik yang disebabkan oleh faktor internal maupun faktor eksternal.

1. Sistem peredaran darah berfungsi mengangkut makanan dan zat sisa hasil metabolisme.
2. Sistem peredaran darah manusia terdiri dari darah, jantung, dan pembuluh darah.
3. Sistem peredaran darah dapat mengalami gangguan (penyakit) dan kelainan bawaan (faktor genetis).Gangguan atau kelainan peredaran darah manusia dapat dikelompokkan menjadi kelainan pada darah dan kelainan pada pembuluh darah.

Contoh Rokok 

Lihat pula: Rokok

Bahaya rokok bukan saja berdampak pada perokok aktif, namun juga pada perokok pasif.

Perokok aktif adalah orang yang merokok, sedangkan perokok pasif adalah orang yang terkena imbas secara langsung dari kegiatan merokok. merokok adalah segala zat beracun yang ada dalam rokok akan mengalir dalam darah dan juga menyebabkan terkontaminasinya zat-zat penting dalam darah dan  terjadinya penggumpalan dalam pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi tidak lancar dan tersumbat.Rokok terbuat dari tembakau (Nicotiana Tobaccum L.)juga  Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia berbahaya.seperti Zat kimia yang dikeluarkan terdiri dari komponen gas (85%) dan partikel.

Komponen padat adalah bagian dari hasil saringan yang tertinggal pada filter rokok, sebagian besar terdiri dari unsur nikotin dan tar.komponen-komponen lain yang terdapat dalam rokok adalah sebagi berikut:

1.Fenol (bahan pembersih lantai)
2.Aseton (bahan pembersih cat kuku)
3.Arsen (bahan racun tikus)
4.Merkuri (penyebab penyakit minamata)
5.Hidrogen Sianida
6.Formalin (bahan pengawet mayat)

Merokok dapat menyebabkan bertambahnya kadar karbon monoksida di dalam darah,  meningkatkan risiko terjadinya cedera pada lapisan dinding arteri.
Merokok dapat mempersempit arteri yang sebelumnya telah menyempit karena aterosklerosis.
Merokok menimbulkan kecenderungan pembekuan darah, sehingga dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit arteri perifer, arteri koroner, dan juga stroke
Merokok dapat mengurangi kadar kolesterol baik (kolesterol HDL) dan meningkatkan kadar kolesterol jahat (kolesterol LDL).
salasatu membuat jantung lemah dan tidak berfungsi di sebabkan ketebalan kolestrol jahat.

No comments: